SELAMAT DATANG DI BLOG PEMULA SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DI EMAIL belajart@ymail.com KALO ADA LINK DOWNLOAD YG TDK BERFUNGSI ^_^

Gabung di sini yuukkss,

Tips menggunakan Komputer / Laptop yang sudah berumur lama

Menggunakan computer yang telah berumur lama dan mulai bermasalah, pastinya akan membuat anda menjadi sedikit jengkel karena adanya penurunan Performa/kualitas kinerja, baik dari segi waktu loading-nya yang lama juga terasa berat ketika digunakan untuk membuka sebuah aplikasi. Semua ini mungkin saja bukan disebabkan oleh hardware computer anda, namun lebih cenderung disebabkan oleh banyaknya aplikasi tak berguna yang telah terinstall di computer. System Operasi Windows tidak akan dapat membersihkan ataupun menghapus semua file sampah tersebut, sehingga membuat file-file tersebut akan menumpuk memenuhi harddisk computer dan akan selalu terbaca oleh Windows setiap kali anda menghidupkan computer, belum lagi kapasitas harddisk akan berkurang jumlahnya akibat banyaknya file-file tak berguna ini. Inilah salah satu penyebab mengapa computer anda menjadi menurun Performanya.
Bagaimana cara kita mengatasi permasalahan tersebut? Disini saya akan membagikan sedikit Tips, untuk meningkatkan kinerja computer anda, tapi baiknya anda backup dulu data - data penting buat jaga-jaga kalau menurut hemat saya cara yang saya share kan aman kok karena sudah dipraktekan oke kita mulai :

  1. Pertama-tama lakukan bersih-bersih file Sampah atau File tak berguna lainnya.
    Pilih (Start) ==> (Accessories) ==> (System Tools) dan (Disk Clean-Up). 
  2. Lakukan Defragmentasi Harddisk, dalam bahasa Indonesianya menata ulang file yang ada di Harddisk.
    Lakukan dengan cara : Pilih (Start) ==> (Accessories) ==> (System Tools), dan klik (Disk Defragmenter).
  3. Lakukan penghapusan terhadap Koneksi Jaringan yang sudah tidak digunakan lagi.
    Caranya : Buka Windows Explorer. lalu pilih ( Tools ), kemudian klik pada (Disconnect Network Drive). 
  4. Minimalkan waktu Booting Computer
    Caranya begini : Secara default, biasanya komputer akan memeriksa floopy terlebih dahulu. Rubahlah dengan masuk ke BIOS dengan menekan tombol (Del atau F2) pada keyboard setelah perhitungan memory (Bios Post) dilakukan. Lalu pada opsi (Firts Boot Device) pilihlah harddisk di mana Anda meletakkan operating system. Misalnya “ firt hard disk” Dengan cara ini, komputer tidak akan memakan waktu lagi mencari lokasi booting, tapi langsung ke harddisk tempat operating system disimpan, lalu simpan semua settingan dan Restat computer. 
  5. Disable Komponen yang tidak dipakai
    Semua perangkat yang terpasang pada komputer akan memakan waktu booting. Oleh sebab itu matikan dengan klik kanan pada (My computer) ==> (Properties) ==> (hardware) lalu klik (Device Manager), kemudian pilih komponen yang tidak lagi terpakai dengan Klik kanan lalu pilih disable. 
  6. Matikan StartUp
    * Masuk start menu : (Start) ==> (All Programs) ==> (Startup) hapus semua item yang tidak diperlukan.
    * Masuk (msconfig), caranya : (Start) ==> (Run) ketik msconfig, pilih tab (Startup), hapus semua centang yang tidak diperlukan.
    * Bersihkan Startup di regedit, caranya : (Start) ==> (Run) ketik regedit, masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\ Windows\CurrentVersion \Run hapus entry-entry yang tidak diperlukan
    * Bersihkan juga startup pada : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Run. 
  7.  Optimalkan Display Setting dengan cara menurunkan tingkat gambar atau mengurangi Animasi Windows
    Windows dengan tampilan desktop keren memang menarik. Tetapi terlalu banyak gambar akan memakan sumber resource memory yang besar. Untuk mematikannya : masuk ke (Start), lalu klik (Settings ), klik (Control Panel) , klik (System), klik (Advanced), pilih (costume) hapus centang pada pilihan berikut (Show shadows under menus, Show shadows under mouse pointer, Show translucent selection rectangle, Use drop shadows for icons labels on the desktop, Use visual styles on windows and buttons, atau hilangkan saja tanda centang semuanya).
  8. Mempercepat Tampilan Menu
    Klik (start) menu, pilih (run), ketikkan (regedit), windows registry editor akan muncul, kemudian cari HKEY_CURRENT_USER\control panel\desktop, Klik ( menushowdelay ), lalu rubah valuenya dengan yang anda suka ( semakin kecil angkanya semakin cepat ). restart komputer. 
  9. Mempercepat Waktu Shutdown
    Tweaking ini berguna untuk mengurangi waktu tunggu secara otomatis ketika windows sudah menerima instruksi untuk shutdown. Caranya :
    * Klik (Start) ==> (Run), ketik (Regedit), cari dan temukan HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\ lalu pilih (WaitToKillAppTimeout), kemudian ubah Value menjadi 1000 dan Klik OK.
    * Sama dengan yang pertama, Sorot di (HungAppTimeout), Ubah value menjadi 1000 dan klik OK.
    * Kemudian cari dan temukan juga HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop, lalu sorot (WaitToKillAppTimeout), kemudian ubah value ke 1000, dan klik OK.
    * Temukan juga HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Contro l\, lalu sorot pada (WaitToKillServiceTimeout) , kemudian ubah value menjadi 1000 dan Klik OK. 
  10.  Uninstal softwer yang tidak diperlukan karena akan memakan banyak ruang memori padahal memori sangat di butuhkan untuk pengoperasian system.

Nah sekian dulu ya mudah-mudahan bermanfaat kalau ada kurang jelas silahkan tinggalkan komentarnya di bawah ini..

Baca Juga Artikel ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Kemajuan Blog diharapkan untuk berkomentar di bawah ini agar segala kekurangan-nya lebih diperbaiki dan harus sopan atas Partisipasinya diucapkn Terima Kasih.